Cara Membuat Keripik Melinjo Pedas Manis yang Bermanfaat dan Enak

Tumbuhan melinjo merupakan pohon yang menghasilkan biji, di Indonesia tumbuhan ini banyak dijumpai di wilayah Jawa Tengah, dari tumbuhan melinjo yang sering digunakan untuk makanan adalah bijinya, bijinya hampir seperti buah-buahan kecil kecil. Cara mengolah biji melinjo belum begitu bervariasi, hanya direbus atau digoreng untuk dijadikan tumisan.

Melinjo benar-benar nikmat jika direbus atau diubah menjadi sayur asem yang sudah banyak dikenal orang Jawa. Kebanyakan orang mengenal melinjo sebagai makanan penyebab asam urat jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, namun ternyata banyak sekali sisi positif dari biji melinjo di baliknya. Melinjo memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan dapat disejajarkan dengan vitamin C.

Pengolahan biji melinjo menjadi masakan sudah ada sejak dahulu kala, cara tradisional lainnya yaitu dengan cara menjadikan keripik biji melinjo dengan cara dikeringkan atau dipukul, cara tradisional ini masih banyak dilakukan hingga saat ini. Tetapi sekarang ada cara mudahnya menjadikan keripik emping melinjo dengan mesin pembuat emping melinjo.

Cara Membuat Keripik Melinjo Pedas Manis

Bahan-bahan

  • 400 gram emping melinjo, jemur sampai benar-benar kering
  • 200 gram gula pasir butir halus
  • 70 gram gula merah, sisir
  • 60 ml air Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus

  • 8 buah cabai keriting merah
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Cara membuat

  1. Siapkan minyak panas yang cukup untuk memasak melinjo. Goreng emping melinjo secara perlahan hingga empuk dan matang. Lalu angkat dan tiriskan sampai bebas dari minyak.
  2. Bumbu: Panaskan empat sendok makan minyak sayur, tumis bumbu halus dengan api kecil hingga bumbu matang.
  3. Tambahkan gula merah, air dan gula pasir. Aduk hingga rata dan masak hingga bumbu mengental dan mengembang.
  4. Tambahkan keripik yang sudah digoreng kasar. Aduk perlahan hingga merata dengan bumbu gula. Angkat dan tiriskan minyak dengan mesin peniris minyak, lalu masukkan ke dalam tampah hingga dingin.
  5. Kemudian biarkan keripik menjadi dingin. Simpan dalam toples bersih.

Manfaat Melinjo

1. Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu manfaat tak terduga dari kulit melinjo adalah membantu menjaga kesehatan otak. Karena kandungan mangan di dalamnya, karena mengandung superoksida dismutase, yang menghilangkan radikal bebas, termasuk sistem saraf.

2. Mengurangi risiko stroke

Mengkonsumsi lebih banyak kalium telah terbukti mengurangi risiko stroke. Mengkonsumsi kalium dalam jumlah besar menyebabkan tekanan darah normal. Ada kemungkinan bahwa kalium bertindak sebagai vasodilator dan melemaskan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga meningkatkan aliran darah.

3. Manfaat Kulit Melinjo untuk Tulang

Mineral ini tidak diproduksi oleh tubuh, oleh karena itu perlu mengonsumsi makanan yang kaya kalsium. Agar tubuh menyerap kalsium lebih efisien, Anda juga perlu mendapatkan vitamin D. Karena itu melinjo juga kaya akan kalsium dan vitamin D

4. Perawatan fungsi ginjal

Mineral lain yang terdapat pada kulit melinjo, yaitu fosfor, juga bermanfaat untuk fungsi ginjal. Fosfor adalah mineral yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan tubuh. Hal inilah yang membuat fosfor sangat bermanfaat karena membantu ginjal untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

5. Membantu melindungi otot

Protein adalah nutrisi penting untuk koordinasi dan kontraksi otot. Protein dalam bentuk mikrofilamen dapat ditemukan di jaringan otot, yang menyediakan struktur otot.

 

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba, terimakasih.