Thai Tea vs Boba Tea – Apa Sih Bedanya? Ini Dia Penjelasannya!

Teh merupakan salah satu minuman yang sangat mudah ditemukan dalam setiap daerahnya seperti di angkringan, warteg, restoran, bahkan restoran yang mewah pun tersedia menu minuman yang satu ini. Minuman yang satu ini pun sangat mudah dibuat dan bahkan bahannya pun bisa kalian temukan di warung daerah kalian. Menawarkan rasa khas yang begitu nikmat. Biasanya minuman yang satu ini disajikan dengan tambahan es batu dan disajikan dengan air hangat. 

Semakin berjalannya waktu, wisata kuliner yang bertemakan minuman ini telah banyak menarik minat masyarakat karena selain rasa, kreasi yang disajikan juga sangat menarik.

Bahkan sekarang ini sudah terdapat banyak berbagai rasa dan kreasi teh seperti teh tarik, milk tea, boba tea, dan thai tea. Namun, banyak yang menilai minuman boba tea dengan thai tea yang selalu menjadi perbincangan. Meskipun keduanya terbuat dari bahan dasar teh, namun kedua minuman tersebut memiliki perbedaan masing-masing. Berikut penjelasannya

1. Thai Tea

Thai Tea merupakan salah satu minuman yang akhir-akhir ini sedang hits dan paling disukai di kalangan anak muda, pastinya kalian salah satunya bukan? Minuman Thai tea ini berbeda dengan boba tea. Meskipun bahan dasarnya yang terbuat dari teh, namun thai tea memiliki warna oranye ditambah dengan rasanya yang manis dan milky. 

Untuk rasa milky yang terdapat di thai Teanya terbuat dari bahan-bahan dasar seperti susu evaporasi, susu kental manis, krimer dan gula. Sesuai namanya "tea" yang berarti terbuat dari daun teh yang berasal dari Thailand. 

Thai Tea sudah dikenal oleh masyarakat Thailand sejak tahun 1980-an. Awalnya, Thai Tea ini dibuat dari Cha Yen Tea yang berada dari pedagang China saat menyalurkan teh ke Thailand. Chan Yen Tea merupakan teh hitam.

Jika terlihat menggunakan teh yang hampir mirip dengan teh yang berasal Sri Lankan, tapi Thai Tea terkenal dengan penggunaan teh hitam dari Assam di India.

Thai Tea dibuat dari beberapa jenis bahan rempah-rempah seperti biji asam jawa yang ditumbuk, bunga lawang, air distilasi bunga jeruk, pewarna, dan bahan rempah-rempah lainnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan warna dari Thai Tea berubah menjadi oranye.

Thai Tea juga dipercaya memiliki khasiat di dalamnya seperti mencegah berbagai penyakit kronis, meningkatkan kesehatan jantung dan arteri, meningkatkan stamina, menurunkan berat badan, mencegah pertumbuhan bakteri.

2. Boba Tea

Tidak hanya Thai Tea yang terkenal sebagai minuman kekinian, namun juga ada Boba Tea. Boba tea ini dibuat dari bahan dasar teh, susu, dan boba. Boba tea yang asli dibuat dari teh hitam.

Perkembangan dari minuman boba ini cukup cepat, bahkan banyak kedai boba tea yang buka dan menawarkan jenis teh lainnya selain boba tea seperti melati, hijau, oolong, matcha, teh buah, earl grey, dan sebagainya.

Seiring berjalannya waktu boba tea terus menerus melakukan kreasi yang baru. Hal tersebut agar mereka bisa membuat makin tertarik di mata para konsumen.

Boba tea ini memiliki dua julukan yang berbeda seperti "bubble tea" yang biasa terkenal di pantai timur Amerika Serikat, dan boba terkenal di pantai barat Amerika Serikat.

Topping boba dikenal berasal dari taiwan. Julukan mutiara tapioka ini pada dasarnya dibuat dari ekstrak singkong yang berasal dari Amerika Selatan. Lalu, tanaman tersebut mulai masuk ke Taiwan pada tahun 1895-1946.

Tu Tsung-he merupakan orang yang memiliki kedai Hanlin Teahous dan menjual minuman dengan boba pertama.

Saat itu, ia terus menjual boba tapioka yang berwarna putih dan memiliki tekstur yang agak keras, namun tidak memiliki rasa.

Tu Tsung-he membuat kreasi yang lainnya dengan merubah boba menjadi warna hitam. Dengan cara pembuatannya yang direbus dalam tong dan ditaburi karamel cair yang manis dalam waktu yang berjam-jam sehingga menghasilkan warna yang hitam.