Sumber daya alam organik tumbuhan

Sumber Daya Alam Organik

Nah seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia sendiri memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, maka dari itu kita harus selalu senantiasa menjaga dan memanfaatkan sumber kekayaan alam yang ada sebaik mungkin guna untuk mensejahterakan dan memakmurkan masyarakat yang ada di sekitar sumber daya alam itu sendiri.

Sumber daya alam itu sendiri apa sih? Sumber daya alam adalah sesuatu kekayaan alam yang ada di bumi yang dapat dimanfaatkan dan di gunakan untuk kehidupan sehari hari untuk manusia maupun hewan.

Sumber daya alam sendiri dibedakan menjadi dua yang pertama organik dan anorganik. Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai kekayaan alam yang organik alasanya yaitu karena lebih banyak dimanfaatkan oleh manusia dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meskipun kekayaan alam yang anorganik sendiri tidak kalah pentingnya bagi kehidupan manusia dan hewan itu sendiri.

Sumber daya alam organik tumbuhan

Untuk sumber daya alam organik sendiri merupakan kekayaan alam yang yang berasal dari makhluk hidup sedang untuk yang anorganik berasal dari benda mati.

Sumber Daya Alam Organik

Seperti yang sedikit sudah saya jelaskan di atas bahwa sumber daya alam organik merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa melihat di alamalami.com

Silahkan simak data di bawah ini mengenai tentang beberapa kekayaan alam organik :

  1. Hewan

Hewan merupakan salah satu kekayaan alam yang organik atau lebih tepatnya dapat diperbarui karena hewan dapat di kembang biakan atau di budidayakan, hewan sendiri salah satu faktor yang berperan penting utuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh manusia.

Hewan tersebut terdapat ada dua jenis yang pertama dapat hidup di air dan yang kedua di darat namun meskipun memiliki perbedaan, hewan di keduanya tetap memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Selain dibuat jadi bahan makanan hewan juga bisa kita manfaatkan sebagai alat transportasi untuk membantu kehidupan manusia misalnya kuda sebagai alat bantu untuk delman supaya dapat berjalan untuk menuju tempat tertentu.

      2. Tumbuhan

Selain hewan tumbuhan juga salah satu sumber daya alam organik, karena tumbuhan dapat diperbarui dengan penanaman kembali setelah melakukan penebangan pohon.

Tumbuhan merupakan salah satu faktor penting bagi manusia untuk menghasilkan oksigen yang bersih dan berkualitas selain itu tumbuhan juga bermanfaat sebagai resapan air hujan supaya tidak menyebabkan banjir dan juga dapat digunakan sebagai bahan makanan.

Sama halnya hewan, tumbuhan juga ada yang di darat dan di air akan tetapi tumbuhan yang di darat mempunyai manfaat yang lebih banyak ketimbang tumbuhan yang ada di air. Salah satu tumbuhan yang ada di darat adalah pisang, kelapa, jeruk, mangga dan lainnya yang dapat kita pakai untuk memenuhi kebutuhan makanan kita sehari-hari.

      3. Kekayaan Alam Pertanian

Yang ketiga yaitu sumber daya alam pertanian jelas kekayaan alam ini merupakan salah satu mata pencaharian dan penghasilan utama masyarakat yang berada di sekitar pegunungan maupun perdesaan.

Biasanya hasil dari sumber daya alam pertanian adalah padi, singkong, ketela dan lainnya. Meskipun sumber daya ini dapat diperbaharui akan tetapi di era sekarang banyak sekali lahan pertanian yang diubah menjadi bangunan.

Yang tentunya hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan jumlah produksi hasil pertanian.

      4. Sumber Daya Alam Perkebunan

Nah untuk yang terakhir yaitu jenis sumber daya alam, kekayaan alam ini memiliki perbedaan dengan pertanian karena harus menggunakan lahan yang cukup luas guna untuk menghasilkan produksi yang maksimal.

Contoh dari kekayaan alam perkebunan yaitu teh, tembakau, karet, kopi dan sebagainya.

Nah itu dia penjelasan singkat mengenai sumber daya alam organic apabila ada salah ketik maupun kata mohon maaf sebesar – besarnya semoga informasi yang kami buat ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kamu.