Pengertian Arsip & Jenisnya

Biasanya istilah arsip digunakan pada bidang manajemen maupun administrasi. Nah mungkin ada sebagian orang yang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya arsip, namun ada juga sebagian yang tidak mengetahui jelasnya. Untuk itu langsung saja yuk kita simak ulasannya sebagai berikut:

Pengertian Arsip & Jenisnya

Berikut pengertian dari Arsip:

Pengertian Arsip

Arsip berasal dari bahasa Inggris yakni " archive"  yang berarti kumpulan dokumen atau catatan-catatan penting  yang memberikan informasi mengenai lembaga, tempat, lembaga, maupun yang lainnya.

Secara umum, arsip merupakan suatu bentuk catatan yang berupa tulisan, ketikan, baik dalam huruf, angka, maupun gambar yang memiliki makna serta tujuan yang dapat dijadikan informasi dan juga tersimpan serta terekam di media seperti kertas, vidio, film dan lainnya.

Menurut Undang – Undang, arsip adalah suatu bentuk sejarah (simpanan), rekaman kegiatan, peristiwa dalam berbagai bentuk sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, dan diterima oleh lembaga pemerintah dan lembaga lainnya.

Adapun pengertian arsip menurut para ahli:

Ada banyak sekali para ahli yang juga ikut serta mengemukakan pendapatnya mengenai arsip, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Agus Sugiarto

Arsip adalah suatu bentuk kumpulan dokumen yang secara teratur disimpan dan juga terorganisir karena memiliki suatu manfaat yakni apabila dibutuhkan atau diperlukan bisa langsung ditemukan sehingga tidak susah – susah lagi untuk membuatnya.

2. The Liang Gie

Arsip adalah suatu kumpulan surat yang telah disimpan secara teratur dan juga terencana karena sangat besar manfaatnya untuk di kemudian hari, apabila dibutuhkan bisa segera langsung digunakan dan ditemukan kembali.

3. I.G. Wursanto

Arsip adalah bentuk pengaturan berkas untuk dipergunakan pada sistem tertentu yang nantinya akan dengan mudah ditemukan kembali jika sewaktu – waktu dibutuhkan.

4. Sularso Mulyono

Arsip adalah menaruh kertas – kertas yang dalam penempatannya baik, sesuai dengan aturan yang telah ditentukan terlebih dahulu, sehingga apabila kertas – kertas tersebut dibutuhkan maka akan dengan mudah ditemukan kembali.

Jenis – Jenis Arsip

Ternyata arsip terdiri dari beberapa jenis, secara garis besarnya arsip dikelompokkan menjadi lima jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Arsip Dinamis
  • Arsip Aktif
  • Arsip Inaktif
  • Arsip Statis
  • Arsip Duplikasi.

Demikianlah penjelasan mengenai  Pengertian Arsip & Jenisnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂