cara menambah ram laptop

[Panduan Lengkap] Cara Mudah Menambah RAM Laptop

Apakah kamu salah satu dari pembeli laptop yang sering memperhatikan kapasitas dari RAM? kalau mimin sih iya. Seperti yang kita ketahui, laptop yang dibekali RAM besar memiliki harga yang mahal. Dengan budget yang pas mungkin saja kamu bisa mendapatkan laptop dengan RAM standar. Ditambah ketika kita hendak membeli dan memasang RAM di toko komputer maka akan memakan biaya yang tak murah. Padahal kita bisa memasang sendiri lo, asalkan di laptop kita terdapat slot untuk menambah RAM dan bisa melakukan upgrade sendiri RAM kita. Nah, kali ini mimin akan memberikan cara menambah ram laptop dengan mudah. Langsung saja kita ke pembahasan dibawah ini:

Syarat Menambah RAM Laptop

cara menambah ram laptop Untuk diingat, walau banyak memiliki manfaat. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan penambahan RAM. Dikarenakan sayang jika kita sudah membeli RAM baru untuk dipasang di laptop kita, tetapi laptop tidak kompatibel atau tak ada slot kosong untuk diisi RAM lagi. Untuk mencegah hal seperti itu, mas Riko dari relogi memberikan tips mengenai apa aja syarat-syarat sebelum membeli dan memasang RAM baru.

1. Terdapat Slot Kosong

Terkadang kita menjumpai laptop yang menggunakan RAM onboard atau RAM yang ditempel secara permanen di motherboard, yang menyebabkan kita tak bisa mengganti RAM tersebut dengan RAM yang baru. Tetapi ada juga laptop yang menyediakan slot kosong agar bisa menambah RAM tambahan.

2. Cek Kompatibilitas

Silahkan cek laptop kamu, setiap slot memiliki jumlah maksimum kapasitas RAM untuk bisa ditambahkan. Dan jangan sampai kita membeli 1 keping RAM 8GB untuk dipasang dalam slot yang hanya bisa menampung RAM 4GB saja.

3. Tipe RAM yang sama

Dalam keping RAM memiliki tipe yang berbeda, entah dari kapasitas, merk maupun transfer rate. Jika laptop menyediakan 2 slot RAM maupun lebih, pastikan juga kamu mengisi tiap slotnya dengan RAM dengan tipe yang identik. Hal ini bertujuan agar laptop kamu bekerja dengan maksimal.

Cara Menambah RAM Laptop Mudah Banget

Apabila kamu sudah memenuhi syarat-syarat diatas, maka langkah selanjutnya tinggal menerapkan cara menambah RAM laptop sendiri dengan sangat mudah. Langkah-langkah dibawah ini bisa kamu gunakan pada semua tipe laptop (asus, acer, lenovo dan toshiba) dan semua sistem operasi(Windows 7,8 dan WIndows 10). Berikut caranya :

  • Membeli RAM, yang cocok untuk diterapkan di laptop kamu dengan tepat.
  • Membongkar Laptop, Jika kamu belum bisa melakukan cara ini maka kamu bisa mencari caranya di Youtube.
  • Cari Slot RAM pada Motherboard, Jika sudah membongkar laptopmu selanjutnya kamu harus menemukan slot RAM yang nantinya akan dipasang dengan RAM yang sudah dibeli.
  • Pasang RAM, pasanglah RAM dengan posisi miring dan sedikit ditekan agar masuk kedalam seluruh slot. Pastikan juga bagian logamnya masuk dan tak ada yang mengganjal.
  • Kunci RAM, Pastikan kedua dari kunci RAM mengeluarkan bunyi Klik dan terpasang dengan baik. Jangan sampai lupa pastikan tak ada yang ganjal dan tidak keras.
  • Rakit Laptop Kembali, Apabila sudah menyelesaikan dan merakit kembali. Nyalakan laptop dan gunakanlah seperti biasa, dan yah kamu sudah menyelesaikan dengan mudah, bukan?

Akhir Kata

Nah, diatas adalah cara menambah RAM laptop dengan sangat mudah. Dengan cara ini, kita bisa melihat hampir tak ada kesulitan sama sekali. Intinya adalah kita mengetahui cara membongkar laptop dan memenuhi semua syarat-syarat di atas ya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.