Mengenal Arti & Keunggulan Dari Konsep Wisata Nomadic Travel

Perkembangan dunia wisata menjadi lebih berfokus dan tanggung jawab bagi pemerintah. Dengan begitu, pada bulan Maret 2018 lalu, telah diadakan Rakornas Kementerian Pariwisata pertama, yang membuahkan hasil usulan atau konsep baru, yaitu Nomadic Tourism. Konsep tersebut dianggap dapat menjadi solusi yang tepat untuk destinasi wisata alam di masa depan. 

Nomadic Tourism menurut usul Menteri Pariwisata, Arief Yahya, merupakan suatu konsep wisata temporer, baik dari sisi penggunaan atau amenitas. Konsep tersebut dianggap bisa menjadi daya tarik bagi destinasi wisata alam di Indonesia yang pada beberapa diantaranya adalah kepulauan dalam menjangkau akses yang susah.

Bagi para wisatawan, keindahan Indonesia sangat mempesona, bisa dilihat dari meningkatkan nya angka wisma yang masuk setiap tahunnya. Namun, untuk akses masuknya sangat terbatas, atau biasanya sulit diakses. Hal tersebut yang menjadi garis bawah dan jadi salah satu hal yang ingin dibenahi oleh pemerintah. 

Konsep ini hanya memerlukan sebuah kendaraan seperti mobil untuk menjelajahi tempat-tempat wisata. Pastinya seru bukan jika menggunakan konsep Nomadic Tourism. Namun, pastinya kalian bertanya-tanya alasan menjadi nomadic tourism. Simaklah beberapa penjelasan berikut ini.

1. Tidak perlu menyewa hotel

Alasan lain dari nomadic tourism adalah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk memesan hotel. Karena kalian dapat tidur di dalam mobil kalian. Bisa dibayangkan jika saat kalian bangun, kalian langsung melihat keindahan alam disekitar kalian.

Bahkan saat ingin pindah lokasi wisata yang selanjutnya tidak perlu ribet untuk memesan tempat penginapan berikutnya lagi.

2. Bebas dari jadwal

Ketika kalian menggunakan konsep ini, kalian tidak perlu lagi khawatir mengenai checkout seperti pada saat menginap di penginapan/hotel. Jika ingin langsung pergi ke tempat wisata berikut tidak perlu lagi bangun pagi-pagi untuk checkout dari hotel.

Kalian dapat merasakan kenikmatan perjalanan dengan santai. Mengatur waktu sesuai keinginan kalian tanpa khawatir mengenai keterlambatan transportasi.

3. Mudah berpindah tempat

Nomadic traveling ini pada dasarnya mengenai kebebasan, bebas mau ke mana sesuai keinginan dan jadwal yang dibuat sesuka hati. Kalian juga tidak khawatir lagi akan beratnya berkemas barang ketika berpindah tempat, karena semua barang kalian sudah di mobil. Jadi jika kalian ingin melanjutkan ke tempat wisata selanjutnya tidak perlu mikir panjang lagi.

4. Mendapat hal baru

Bisa dibilang konsep ini dapat diatur sesuai keinginan, jadi kalian bisa merencanakan sesuatu yang baru. Contohnya mengenang masa lalu bersama teman atau pasangan dengan ditemani api unggun yang hangat.

Hal tersebut merupakan hal yang tak semua orang bisa melakukannya saat pergi liburan. Jadi bisa dibilang jika gaya liburan tersebut seperti bermain sesuka hati, dan pulang.

5. Bisa menemukan tempat-tempat yang unik dan baru

Jika perjalanannya menggunakan mobil, kalian dapat lebih merasakan kenikmatan perjalanan. Jika kalian melihat suatu tempat atau hal yang unik sehingga membuat kalian penasaran, kalian bisa berhenti untuk melihatnya.

Dengan begitu, kalian dapat berkesempatan untuk menemukan tempat-tempat yang unik dan baru selama di perjalanan. Sebagai hadiah tambahannya, kalian bisa mengisi postingan Instagram kalian.

6. Menambah kedekatan bersama pasangan

Di konsep traveling ini, kalian bisa mengajak pasangan kalian. Dengan begitu kedekatan kalian dengan pasangan kalian akan bertambah. Kalian bisa melupakan untuk sementara menangani masalah dan pekerjaan kalian. Kalian hanya perlu berfokus kepada perasaan pasangan kalian. Hal tersebut merupakan hal yang ampuh dalam mengatasi rasa kurang enak dalam hubungan.

Menikmati perjalanan disambi dengan ngobrol santai mengenai hal yang membuat kalian khawatir dan pasangan kalian. Saat mengobrol, kalian harus dalam keadaan pikiran dan hati yang sangat tenang, karena obrolan kalian dengan pasangan kalian akan lebih terarah.

7. Mempererat hubungan

Banyak orang berpendapat bahwa waktu yang tepat untuk mengobrol adalah saat waktu liburan. Karena saat liburan hati dan pikiran kalian lebih tenang.

Namun bisa dikatakan bahwa malah banyak orang yang justru jarang menggunakan waktu liburannya untuk mengobrol. Dikarenakan saat di kendaraan, banyak orang yang berpikir tidak bisa bebas dalam ngobrolnya.

Tapi beda halnya dengan membawa mobil pribadi, kalian dapat sesuka hati mengobrol bersama teman atau pacar kalian sambil seru-seruan di dalamnya.

8. Mendapatkan banyak inspirasi

Bisa dikatakan inspirasi dapat muncul dari mana saja, seperti mengobrol, bertemu seseorang, melakukan perjalanan, liburan ke tempat yang unik, dan lainnya. Hal tersebutlah yang mendatangkan banyak inspirasi, jadi jangan disia-siakan waktu traveling kalian

Bisa jadi pekerjaan kalian di bidang seni yang sangat membutuhkan inspirasi dalam menyelesaikan pekerjaan kalian.