Inilah Cara Memilih Cat Interior Terbaik

Mengaplikasikan cat pada interior rumah, tidak bisa asal memberikan warna pada tembok. Warna cat yang digunakan akan sangat berpengaruh pada psikologi penghuninya. Inilah alasan kenapa Anda harus bisa memilih cat interior terbaik untuk diaplikasikan pada dinding bagian dalam rumah.

Menemukan warna yang tepat dan jenis cat yang sesuai, akan menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan sebelum mengecat rumah. Dari banyaknya jenis cat yang ada, perlu dipertimbangkan beberapa hal agar tidak salah pilih, sebab tidak semua cat baik untuk melindungi dinding.

Cara Memilih Cat Interior Terbaik

Walaupun secara sekilas semua cat tembok sama, namun masing-masing memiliki ciri tersendiri. Dalam memilih cat tembok juga harus jeli karena akan digunakan dalam waktu yang cukup lama. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika memilih cat interior antara lain.

cat interior

1. Pilih Cat yang Bisa Diaplikasikan pada Tembok Apapun

Setiap tembok memiliki kadar pH dan konstruksi yang tidak sama. Hal ini bisa diakibatkan dari penggunaan bahan bangunannya, suhu, bahkan iklim di suatu wilayah. Kadar pH ini juga bisa menyebabkan cat tidak bisa diaplikasikan.

Secara umum pH tembok yang ideal adalah 8, sedangkan kadar airnya harus di bawah 18%. Apabila tidak sesuai dengan kriteria tersebut, kadang tembok tidak bisa di cat secara maksimal. Tidak semua cat tembok juga bisa menempel sempurna di tembok yang baru.

2. Pilih Cat Berwarna Netral

Ruang dalam rumah adalah ruang yang akan sering dipergunakan untuk berkumpul keluarga. Sudah selayaknya jika warna cat tembok yang digunakan membuat suasana menjadi lebih hangat. Pergunakan warna netral agar ruangan terlihat lebih lega dan juga nyaman.

Anda bisa mengaplikasikan cat dengan warna putih, beige, abu-abu, atau warna netral lainnya. Warna ini lebih aman dan tidak terlalu mencolok, sehingga bisa diaplikasikan pada ruangan apa saja. Warna netral juga membuat mood penghuninya terus bersemangat.

Agar tercipta suasana rumah yang lebih baik, setelah aplikasi cat tembok maka Anda bisa juga dikombinasikan dengan furnitur lainnya agar terlihat lebih manis. Jika perlu berikan hiasan seperti lukisan atau bingkai foto. Paduan warna lemon, coklat, dan merah bisa membuat lebih kontras.

3. Pilih Cat dengan Nilai Ekonomis

Ekonomis bukan berarti paling murah, namun ekonomis dihitung dari biaya dan manfaatnya. Cat dengan harga yang murah namun tidak bisa teraplikasi dengan baik di tembok, maka akan lebih boros dan justru mengeluarkan biaya lebih besar.

 Anda bisa memilih cat yang dilihat dari nilai ekonomisnya, di mana cat ini memiliki daya sebar tinggi. Cara ini juga akan lebih menghemat cat serta prosesnya lebih efektif. Pilihlah cat dengan formula khusus agar lebih cepat kering.

4. Pilihlah Cat dengan Kualitas Terbaik

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memilih cat yang menggunakan bahan dengan kualitas terbaik. Anda bisa memilih cat yang mengandung rendah merkuri, karena zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan seperti menyebabkan gangguan kulit, paru-paru, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu cat yang berkualitas akan awet dan tidak mudah mengelupas. Hal ini ditentukan oleh bahan resin yang digunakan. Pilihan cat tembok cukup banyak, sehingga perlu diperhatikan bahan-bahan yang digunakan sebagai campurannya.

Tembok rumah akan menjadi dinding yang melindungi rumah dari terpaan cuaca, baik panas maupun hujan. Area dalam rumah akan menjadi tempat Anda dan keluarga menghabiskan waktu bersama. Memilih cat interior terbaik adalah pilihan bijak agar rumah lebih nyaman ditempati bersama keluarga