Ekstrakurikuler di Lingkup SMK

Tak hanya sekolah menengah atas saja yang memiliki ekstrakurikuler, akan tetapi SMK pun juga. Bahkan biasanya lebih banyak daripada SMA. Bahkan ada banyak ekstrakurikuler di lingkup SMK yang bisa mengembangkan potensi anak didik.

Ekstrakurikuler di Lingkup SMK

Kegiatan ekstrakurikuler sendiri dilakukan di luar jam kurikulum standar yang bertujuan agar peserta didik mampu mengembangkan bakat, kepribadian, minat beserta kemampuan yang cakupannya lebih luas atau di luar minat.

Pramuka

Salah satu ekstrakurikuler yang bahkan hingga sekolah menengah atas diadakan ialah pramuka. Dengan kegiatan pramuka ini, para peserta didik akan diajarkan yang namanya cara bekerja sama, mementingkan kepentingan bersama dan masih banyak lagi. Belum lagi pembelajaran terkait sandi-sandi yang menambahkan suasana belajar mengajar di luar jam sekolah tampak seru dan asyik. Apalagi biasanya dilakukan pada jam sore hari sekitar pukul 3 sore.

Seni Tari

Bagi Anda yang ingin mengembangkan kemampuan atau bakat sebagai seorang penari, bisa saja memilih ektsrakurikuler seni tari ini. Di sana akan diajarkan banyak ilmu dan peragaan bagaimana caranya agar lancar dalam menari. Biasanya dalam ekstrakurikuler menari nantinya akan mengikuti sebuah lomba / event menari yang kemudian jika menang pialanya akan menjadi milik sekolah. Dengan begitu, siswa itu juga termasuk salah satu siswa yang membawa nama baik sekolah.

Teater

Tak hanya pada sekolah menengah atas saja yang terdapat ekstrakurikuler teater, akan tetapi sekolah menengah kejuruan (SMK) pun juga memilikinya. Bahkan peserta didiknya terkadang diikutkan pada lomba mengatasnamakan sekolah.

Tak kalah dengan SMA, akting para peserta didik SMK pun juga bagus. Pada ekstrakurikuler teater ini, akan banyak diajarkan bagaimana caranya berekspresi dan memperagakan sikap dari para tokoh karakter yang sudah dibuat sebelumnya.

Dari beberapa ekstrakurikuler di lingkup SMK yang sudah dijelaskan seperti di atas, terlepas dari apa pilihan itu semuanya memiliki spesifikasinya masing-masing. Bukan lagi masalah keren atau tidaknya, jika memang Anda serius mengikutinya maka ikutilah dan asah kemampuan serta bakat.

Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/