Ciri Fauna Peralihan

Indonesia sendiri memiliki beragam jenis fauna yang berbeda di setiap wilayahnya, sehingga kita harus selalu menjaganya supaya fauna yang ada di Indonesia sendiri tidak mengalami kepunahan, acara menjaganya adalah dengan tidak memburunya, menjaga lingkungan alam tempat tinggal fauna dan lain lain.

Untuk pengertian fauna peralihan adalah jenis fauna yang biasanya hidupnya di daerah yang berpindah pindah atau peralihan. Hal tersebut biasanya disebabkan dan dibatasi juga oleh iklim dan suhu cuaca sehingga fauna peralihan biasanya sulit berkembang biak.

Nah untuk dapat melihat jenis fauna peralihan kamu bisa menemukannya di daerah seperti asia sampai Australia ataupun di kebun binatang.

Maka dari itu kamu harus selalu melindungi dan menjaga fauna peralihan agar tidak mengalami kepunahan, karena jenis hewan ini cukup sulit berkembang biak.

Fauna di indonesia sendiri persebarannya di bedakan menjadi 3 bagian yang pertama di bagian wilayah Indonesia barat, timur dan tengah. Nah di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ciri fauna yang ada di bagian indonesia tengah (Peralihan).

Tentunya persebaran fauna di indonesia sendiri dibatasi dengan Garis Wallace dan Weber yang  merupakan dua garis khayal yang digambarkan dalam peta.

Nah apa saja sih ciri fauna peralihan? Yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan juga actual.

Ciri Fauna Peralihan

  1. Hewannya endemic

Endemic sendiri merupakan jenis fauna yang hanya terdapat di satu wilayah seperti komodo yang hanya ada di pulau komodo. Maka dari itu kita harus selalu menjaga kekayaan alam fauna di Indonesia dengan tidak memburu hewan endemis secara liar dan berlebihan.

Selain itu hewan endemic biasanya dapat di manfaatkan untuk di kembangkang biakkan di dalam penangkaran ataupun kebun binatan untuk menghindari kepunahan.

      2. Hewan mirip dengan fauna yang ada di Australia

kanguru

Tentunya selain hewannya endemic, ciri hewan di peralihan adalah mirip dengan fauna yang terdapat di wilayah Australia misalnya seperti fauna kanguru, ataupun koala.

Kedua fauna tersebut dapat kita temukan di wilayah yang berbeda seperti di Indonesia wilayah papua, dan juga di Australia.

      3. Terdapat hewan langka

Nah untuk ciri fauna peralihan yang terakhir adalah memiliki banyak fauna yang dilindungi oleh Negara ataupun undang undang untuk diambil ataupun diburu secara sembarangan.  Contohnya fauna peralihan langka adalah seperti komodo, burung rangkong Sulawesi, krabuku dan burung maleo.

Nah itu dia penjelasan singkat saya tentang ciri fauna peralihan apabila ada salah kata maupun ketikan mohon maaf sebesar besarnya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu ya.