6 Tips Belajar Kimia

Di antara pelajaran-pelajaran yang ada dalam cakupan ilmu pengetahuan alam, kimia termasuk pelajaran yang butuh pemahaman lebih. Tidak hanya harus menghafal materi-materi tertentu, pelajaran satu ini juga mengharuskan siswanya untuk menghitung rumus-rumus. Dikarenakan hal ini, tidak heran kalau siswa yang mempelajari kimia sering mengeluh.

Sebagai bagian dari materi yang wajib dipelajari di sekolah, mau tidak mau kamu harus tetap berkutat dengan pelajaran satu ini. Nah, supaya belajar kimia tidak sesulit yang kamu bayangkan, berikut ada 6 tips yang bisa kamu coba aplikasikan.

Pahami Konsep Dasar Matematis

Tentu saja kamu tidak salah baca, dalam tips pertama ini, setidaknya kamu harus paham akan konsep dasar matematika. Konsep dasar yang dimaksud di sini adalah konsep logaritma serta persamaan kuadrat. Kenapa hal ini perlu kamu pelajari? Tidak lain karena kamu akan dihadapkan dengan beberapa persamaan yang membutuhkan pengetahuan tentang konsep dasar matematis tersebut. Tanpa memahami konsep dasar ini, tentunya akan cukup susah untuk memahami keseluruhan materi yang diberikan.

Buat Flash Cards untuk Tabel Periodik

Tabel periodik adalah bagian penting dari pelajaran kimia. Sejak awal memulai mengenal pelajaran satu ini, setiap guru kimia pasti akan mengenalkan tabel ini. Jika kamu merasa kesulitan untuk menghafal secara keseluruhan, gunakan trik belajar dengan menggunakan flash cards.

Cobalah tuliskan satu demi satu komponen dalam tabel tersebut dan hafalkan satu persatu. Apabila kamu rutin untuk menghafalkan dan memahaminya, maka lama kelamaan kamu akan menghafal seluruh yang ada dalam tabel tersebut.

Gunakan Referensi Pembelajaran Lengkap dan Akurat

Mempelajari kimia dari sumber yang tidak akurat tentu akan semakin menyulitkan. Upayakan untuk mencari buku yang menawarkan penjelasan lengkap dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Apabila sulit untuk menemukan buku yang tepat, kamu dapat mencoba mencari referensi dari media lain seperti situs belajar tambahpinter.

Latih Pemahaman dengan Soal

Menguji pemahaman dengan mengerjakan soal adalah cara yang tepat untuk mengulas kembali apa yang sudah dipelajari sebelumnya. Setelah selesai membaca materi dari buku atau referensi pembelajaran, cari latihan soal yang sesuai dengan materi yang dipelajari tadi. Kerjakan soal yang menurutmu paling mudah, kemudian demi sedikit mulai beranjak ke soal yang sulit.

Belajar dan Diskusi Bersama Teman

Ada kalanya, belajar sendiri malah semakin membuat pusing karena tak ada teman yang diajak bertukar pikiran. Oleh karenanya, selain hanya melakukan self study dari buku, mengajak teman belajar dan berdiskusi bersama juga diperlukan.

Dengan adanya teman diskusi, pelajaran yang sulit terkadang jadi berubah lebih ringan karena dikerjakan bersama. Tetapi, jangan sampai saking asyiknya menghabiskan waktu bersama teman, kamu malah asyik ngobrol dan bukan malah berdiskusi ya.

Luangkan Waktu untuk Belajar Sehari Sekali

Dikarenakan pelajaran kimia termasuk pelajaran yang sulit dan butuh pemahaman yang tak sederhana, kamu perlu berusaha lebih ekstra lagi dibandingkan saat mempelajari pelajaran lainnya. Jika memungkinkan, luangkan waktu maksimal satu jam sehari untuk mempelajari materi kimia. Tetapi, bila tidak memungkinkan, kamu dapat menggantinya sesuai menjadi dua hari sekali atau tiga hari sekali. Pastinya, yang terpenting adalah konsisten dengan proses belajar.

Nah, sekian tips yang dapat kamu coba untuk semakin membuatmu paham akan pelajaran kimia. Selain rutin belajar, jangan lupa untuk beristirahat cukup supaya dapat menerima pelajaran dengan pikiran yang tenang.