Kolam ikan

5 Tips Merawat Kolam Ikan Super Mudah dan Anti Ribet

Kolam ikan adalah hal yang penting bagi sebagian besar orang. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan dikarenakan keberadaan kolam ini mampu memberikan banyak manfaat seperti, membantu mengurangi stres, hingga memberikan suasana tenang dan damai. Namun tak sedikit pula orang yang merasa kesulitan untuk merawat kolam dengan benar. Untuk itu simak ulasannya berikut

Tips Merawat Kolam Untuk Ikan yang Harus Diketahui

1. Rajin Mengganti Air Kolam

Tips pertama adalah rajin mengganti air kolam, sebenarnya tips ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun terkadang sering dijumpai kolam yang memiliki air keruh dan dinding yang berlumut. Faktanya kebersihan dan kesehatan habitat memegang faktor penting dalam keberlangsungan hidup di dalam kolam ikan.  Waktu yang tepat untuk membersihkannya adalah 1x dalam 1 minggu.

2. Pemberian Pakan Secukupnya

Pemberian pakan yang berlebihan pada ikan dapat berdampak terhadap kebersihan kolam. Pakan yang berlebihan menyebabkan air kolam menjadi kotor dan keruh. Membersihkan kolam lebih sering harus anda lakukan apabila air kolam lebih cepat kotor. Tak hanya itu, dedaunan tanaman yang jatuh ke dalam kolam akan mengalami pembusukan dan mengakibatkan hal yang sama.

Kolam ikan

3. Memindahkan Ikan Secara Bertahap

Saat proses pengurasan kolam tentunya ikan yang berada di dalamnya harus dipindahkan terlebih dahulu. Hal ini tentu memiliki alasan tersendiri.Ketika ikan dipindahkan terlebih dahulu dapat mencegah stres  terjadi pada ikan dan juga memudahkan proses pengurasan air kolam.

4. Menggunakan Penyaring Air

Kegunaan penyaring air antara lain penyaringan terhadap zat berbahaya, membuat tingkat kesadahan dan Ph air menjadi stabil serta membuat waktu lebih efisien. Mungkin anda memang bisa membersihkan kolam dengan cara manual, namun dengan ada penyaring air akan menjadi lebih praktis dan menjaga kejernihan air.

5. Pastikan Jumlah Tanaman Sekitar Kolam Seimbang

Keseimbangan tanaman juga berdampak. Alangkah baiknya jika tanaman yang diletakkan di sisi kolam tidak terlalu banyak. Tanaman sekitar kolam dapat meningkatkan produksi oksigen dan membuat suasana kolam lebih teduh, namun jumlah yang tidak seimbang dapat menyebabkan bahaya pada ikan karena kekurangan oksigen saat malam hari tiba.

Itulah 5 Tips Merawat Kolam Super Mudah dan Anti Ribet. Tips di atas sangat mudah untuk dilakukan dan diterapkan. Memperhatikan penunjang bagi kepentingan kolam sangatlah penting, anda dapat memastikan bahwa semuanya harus berdasarkan kebutuhan, jenis dan karakter ikan yang anda pelihara!