4 Tips Tepat Mencari Mimbar Masjid Untuk di Rumah

Mimbar merupakan salah satu perangkat yang ada di setiap masjid atau mushalla. Mimbar masjid diadakan dengan tujuan untuk beberapa keperluan, misalnya seperti khotbah tiap Jum'at, atau digunakan untuk penceramah melakukan kewajibannya yakni memberikan ceramah kepada orang-orang yang hadir yang biasa disebut jamaah.

Tapi tidak semua mimbar masjid digunakan untuk di masjid atau mushalla saja, karena mimbar juga dapat dimanfaatkan fungsinya untuk di rumah. Mimbar untuk di rumah juga pastinya tidak sama dengan yang ada di masjid, karena melihat ukuran masjid dan rumah tentu saja berbeda.

Berikut adalah tips untuk Anda yang ingin membeli mimbar untuk dipakai di rumah.

4 Tips Tepat Mencari Mimbar Masjid Untuk di Rumah

Ukuran

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran untuk menempatkan mimbar. Dan luas penempatan mimbar juga harus diukur terlebih dahulu agar tidak salah membeli mimbar untuk di rumah.

Desain

Tips kedua adalah desain, perhatikan juga desain yang akan pilih untuk mimbar di rumah. Desain mimbar dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Cari tempat membuat mimbar yang dapat menerima request Anda pastinya.

 

Harga

Cari tahu terlebih dahulu mengenai harga mimbar masjid yang akan dipakai di rumah. Kayu untuk membuat mimbar pun juga banyak, diantaranya adalah kayu jati muda atau tua, kayu Ulin, kayu mahoni, ataupun kayu keras lainnya.

Jika sudah pasti, yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah tingkat kerumitan pahatan juga menjadi salah satu perhatian lainnya. Karena semakin rumit ukiran, bisa jadi semakin mahal pula harga mimbar.

Untuk lebih lanjut mengenai harga-harga mimbar, dapat Anda cek atau mengunjungi situs penyedia mimbar.

Kualitas

Tips terakhir adalah teliti sebelum membeli, diantaranya seperti mengecek kualita kayu yang dipakai, kualitas pahatan yang Anda pesan, dan yang penting adalah kualitas finishing yang harus Anda perhatikan sebelum membeli mimbar. Lalu bagaimana cara yang tepat mengecek kualitas mimbar?

  • Cek apakah ada cacat pada mimbar

Cek semua sisi pada mimbar yang sudah jadi, perhatikan ada cacat dalam pembuatan atau tidak pada mimbar.

  • Cek kualitas kayu

Selanjutnya Anda dapat mengecek kualitas kayu dengan cara cek usia kayu yang digunakan. Untuk usia kayu jati yang tua adalah bahan yang paling baik dalam pembuatan mimbar, cara untuk melihat usia kayu dapat Anda lihat dari jarak lingkarnya, bila jaraknya lebar maka kayu sudah cukup tua.

Bagaimana, tertarik untuk membuat mimbar masjid di rumah? Untuk saat ini mimbar sudah banyak dipakai orang-orang untuk dijadikan salah satu aksesoris rumah, yang dimanfaatkan untuk berbagi informasi mengenai Islam bersama keluarga besar. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, semoga informasi ini bermanfaat dan jaga selalu kesehatan!