4 Komponen AC yang Penting untuk Perawatan di Service AC Tangerang

Ada beberapa komponen penting dalam AC di balik mekanisme nya untuk mendinginkan ruangan.

Air conditioner atau pendingin ruangan untuk mengatur suhu sesuai keinginan sudah menjadi komponen yang penting terutama untuk ruangan tertutup seperti ruang kerja dan juga ruangan yang menampung banyak orang. Namun tahukah Anda komponen apa saja yang ada pada AC? Untuk tahu lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini.

  • Kondensor

Jika Anda memasang AC, maka Anda juga wajib memasang kondensor yang tersedia dalam satu paket dengan AC. Fungsi komponen ini sangat vital yaitu untuk mengubah gas dari refrigerant menjadi cair.

Hal inilah yang menyebabkan kondensor sering meneteskan air. Lokasi yang ideal adalah di luar ruangan yang disambungkan dengan pipa bersirip untuk memfilter refrigerant dan kalor agar udara yang AC hasilkan tetap dingin.

  • Pipa Kapiler

Komponen selanjutnya adalah pipa kapiler. Pipa ini berbentuk silinder kecil. Fungsi dari pipa ini adalah untuk menurunkan tekanan dari refrigerant dan menuju ke kondensor. Pengaturan tekanan oleh pipa kapiler sangat penting untuk menghasilkan suhu ruangan yang sesuai instruksi dari remote kontrol.

Saat refrigerant memiliki tekanan tinggi maka pipa kapiler akan menurunkannya sehingga udara yang keluar memiliki suhu rendah. Pengaturan tekanan melalui pengaturan suhu dan mode di remote kontrol AC.

  • Evaporator

Evaporator pada AC memiliki fungsi untuk menyerap udara dari luar lalu menyalurkannya ke dalam setelah melalui proses pendinginan. Dengan begitu ruangan yang tertutup akan lebih mudah suhunya untuk dingin.

Evaporator akan bekerja lebih keras pada ruangan terbuka karena sirkulasi udara yang besar. Akibatnya suhu jadi tidak cepat dingin dan AC mudah rusak. Karena sebab inilah AC sebaiknya berada di ruangan tertutup.

  • Kompresor

Satu AC bisa mendinginkan seluruh ruangan berkat kompresor yang memberikan tekanan ke seluruh area AC yang mengeluarkan udara setelah udara melewati pipa kapiler.

Bersama dengan pipa kapiler, kompresor bekerja dengan mengatur tekanan sehingga dingin tidak hanya tersebar di satu titik. Dengan bekerja sama, tiap komponen menghasilkan performa terbaik untuk mendinginkan ruangan.

Itulah beberapa komponen penting pada AC yang perlu Anda ketahui dari penyedia service AC Tangerang Selatan. Semoga informasi ini bermanfaat.