3 Resiko Pemupukan Dengan Pupuk Kandang Secara Berlebihan

Pupuk kandang merupakan salah satu elemen penting dalam proses tumbuh kembang tanaman sayuran maupun buah-buahan. Jika dilewatkan maka akan mengakibatkan kerusakan, lalu bagaimana jika pemupukan dengan pupuk kandang dilakukan secara berlebihan, apa saja resikonya ?

Jangan Andalkan Naluri untuk Pemupukan Dengan Pupuk Kandang

Walaupun dikatakan penting bukan berarti Anda memberikan secara berlebihan, apalagi hanya mengandalkan naluri saja. pemupukan dengan pupuk kandang mempunyai perhitungan bahkan penjadwalan disesuaikan dengan cuaca dan kondisi tanaman.

Berbalik menjadi racun

Pupuk kandang yang seharusnya menjadi nutrisi jika diberikan terlalu berlebihan justru akan berbalik menyerang tanaman tersebut. Apalagi jika di dalamnya terdapat kandungan kalium yang tinggi, bisa mengganggu keseimbangan basa. Membuat sayuran bisa langsung mati dalam waktu singkat.

Kandungan PH dalam tanah terganggu dengan kalsium disebut, tanah juga akan kehilangan unsur hara lainnya yang berfungsi untuk menyuburkan tanaman, hasilnya sudah bisa ditebak, tak bisa diselamatkan dengan cara apapun karena kestabilan sudah  hilang. Pupuk kandang berubah menjadi racun.

Mikroorganisme menjadi terganggu

Tahukah Anda bahwa proses penyuburan tanaman juga dibantu dengan adanya mikroorganisme dalam tanah. ada cacing tanah yang juga butuh kehidupan dari tanah tersebut, itulah mengapa para petani bisa mengetahui tempat tersebut baik untuk pertanian, karena ada kehidupan di dalamnya. Jika Anda menggunakan pupuk kandang secara berlebihan, makanan yang biasa mikroorganisme dapatkan dari tanah akan berubah menjadi racun, karena tingkat keasaman berbeda, tekstur pun ikut berubah. Hewan-hewan kecil ini tidak akan bertahan lama, begitupun dengan tanaman.

Pembengkakan berlebihan pada keuangan

Tak hanya berpengaruh buruk pada tanaman saja, dampak lainnya adalah biaya operasional Anda akan membengkak bahkan sampai tiga kali lipat dari semula, dan bisa menjadi lebih jika kerusakan sangat fatal. Sudah rugi secara keuangan, waktu, Anda juga harus memulai semua dari awal lagi, melelahkan.

Untuk itu, sebelum memulai proses pemupukan dengan pupuk kandang pastikan terlebih dahulu takaran pas untuk luas tanah pertanian dan tanaman tersebut. Banyak sumber yang bisa Anda baca di internet atau ikut komunitas perkumpulan petani di desa agar mendapat penjelasan lebih detail.

Sumber : https://www.kebun.co.id/