3 Alat Olahraga yang Wajib Ada Di Rumah

Meskipun orang-orang memahami pentingnya menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga secara rutin, pada kenyataannya masih banyak yang tidak mampu melakukannya. Salah satu penyebab ketidakmampuan tersebut karena tidak memiliki cukup waktu untuk melakukannya.

Di zaman modern saat ini, rata-rata orang memiliki rutinitas harian yang padat. Akibatnya, sekedar mendapatkan sedikit waktu untuk datang ke gym berolahraga merupakan hal yang sulit. Oleh karena itu, salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga di rumah.

Baca juga: Alat Olahraga di Rumah | iReborn.co.id

Bagi Anda yang ingin melakukan olahraga rutin di rumah, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa alat olahraga yang wajib Anda miliki di rumah. Dikatakan wajib, karena alat-alat tersebut akan membantu Anda berolahraga secara rutin di rumah.

3 Alat Olahraga Terbaik yang Wajib Ada Di Rumah

1. Mat

Menurut saya sendiri, mat merupakan salah satu alat olahraga yang memiliki beragam fungsi dan bisa dimanfaatkan dalam melakukan berbagai jenis olahraga semisal pilates, olahraga beban yang menggunakan beban tubuh sendiri, cardio, dan lain sebagainya. Karenanya, alat olahraga yang bernama mat ini sebaiknya Anda miliki! Hanya saja perlu diingat, saat ini sudah banyak brand dan ketebalan mat yang beredar di pasaran, sehingga Anda sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu mengenai mat yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda.

2. Resistance Tube

Resistance tube adalah alat olahraga yang berfungsi untuk melatih otot dada, lengan dan punggung. Cara menggunakannya juga sangat mudah, meskipun untuk Anda yang mungkin baru pertama kali mencobanya. Alat ini memiliki setelan tertentu bagi pengguna awal. Karenanya, jika Anda baru menggunakan alat ini untuk pertama kali, sebaiknya gunakan level satu.

Dengan menggunakan resistance tube, Anda bisa melakukan beberapa gerakan olahraga tertentu. Melakukan variasi gerakan dengan alat olahraga yang satu ini akan membantu Anda mendapatkan hasil olahraga yang maksimal. 

3. Wrist Weights

Bagi Anda yang malas menggunakan dumbell, maka perlu Anda memiliki wrist weights di rumah. Walaupun alat ini diletakkan di pergelangan tangan, tetapi tidak akan membuat Anda kesulitan bergerak bebas selama berolahraga. Selain itu, wrist weights juga bisa digunakan untuk membangun massa otot kaki.

Alat olahraga yang bernama wrist weights ini tidak hanya bisa digunakan saat melakukan olahraga beban. Sebab, Anda juga bisa menggunakan alat olahraga ini ketika melakukan olahraga cardio seperti jogging, jalan santai, jalan cepat, serta aerobik. Hendaknya Anda menggunakan wrist weights seberat 1 kilogram ketika berolahraga dengan ritme menengah hingga cepat untuk membantu proses pembentukan massa otot.

Itulah 3 alat olahraga yang wajib Anda miliki. Meskipun Anda tetap bisa berolahraga walau tidak ada alat olahraga, namun penggunaan alat-alat olahraga di atas lebih efektif dan lebih memberikan hasil maksimal dari olahraga yang Anda lakukan.